BERITASMA/SMK/MA

SMK HIKMAH YAPIS SIAP PERTAHANKAN NILAI “A” AKREDITASI

Dok V, (22/5) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hikmah YAPIS Jayapura, menerima kunjungan (visitasi) Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M).

Kunjungan dalam rangka penilaian akreditasi ulang (terakreditasi) SMK ini dilakukan oleh Tim Asesor yaitu Ester Saranga, SE., M.Si (Asesor I)  dan Sutiyono, S.Pd (Asesor 2).

Selain itu, hadir pula Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) di Tanah Papua Cabang Kota Jayapura, Drs. H. Hadiyana, MM.

Disambut oleh Kepala SMK Hikmah YAPIS Jayapura, Gunanto, SE, M.Si, tim asesor melakukan pertemuan dengan seluruh stake holder SMK bertempat di Ruang Guru.

Dalam pertemuan tersebut, tim asesor menjabarkan uraian tugas asesor dalam kegiatan ini

“Tugas kami sebenarnya melakukan observasi, mengamati apa yang ada di lapangan. Kemudian yang kedua kami akan mengklarifikasi atau menelaah data-data dan dokumen yang sudah diunggah kedalam sistem serta ketiga melakukan wawancara” ungkap Ester Mangara selaku Ketua Tim Asesor.

Selanjutnya, Ester menambahkan tugas terakhir timnya adalah melakukan verifikasi. Tim asesor akan memverifikasi data-data yang belum diunggah dan/salah unggah di sistem.

“Kemarin sudah kami informasikan bahwa ada data-data yang mungkin tertukar, nah itu yang akan kami verifikasi. Karena di sistem sudah tidak bisa unggah lagi, karena sudah di mapping, maka itu, mungkin nanti bagian yang akan kami lihat” imbuhnya.

Lebih jauh, Ester juga berharap agar sekolah betul-betul sudah siap bersama seluruh aktor yang akan diwawancarai.

“Sudah kami kirimkan rundown nya. Semoga para pihak yang akan diwawancarai telah disiapkan sesuai jadwal” ungkapnya.

Sementara itu, Sutiyono menuturkan sejalan dengan harapan Ketua Yayasan. Dirinya menuturkan salah satu bentuk profesionalisme yang dilakukan instansinya.

“Jadi, nanti pekerjaan kami inipun akan diperiksa oleh asesor lain, yaitu asesor validasi. Jadi kita memang harus profesional, tidak bisa main-main” akunya.

Sutiyono juga memaparkan pihak-pihak yang harus diwawancarai pihaknya. Yaitu Kepala Sekolah, Guru, perwakilan siswa, alumni, mitra dunia usaha, komite sekolah, orang tua siswa serta pihak lain yang berkepentingan.

Sementara itu, Gunanto menuturkan ini merupakan kali kedua pelaksanaan akreditasi disekolah yang dipimpinnya. Kali pertama, pada tahun 2017 silam, berhasil memperoleh hasil akreditasi dengan nilai A (sangat baik).

“Kami diakreditasi terakhir itu pada 2017. Namun saat itu akreditasi masih mengacu pada pokok kejuruan masing-masing. Pada hari ini, kita kembali diakreditasi, kali ini lembaga” ungkapnya.

Dirinya juga berharap, kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut dapat berjalan lancar. Karena itu, Gunanto menekankan kerjasama dari seluruh pihak sekolah.

“Mohon kerjasama semua pihak. Jika sebelumnya kita mendapat nilai A, kali ini juga, semoga bisa mempertahankannya” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua YAPIS di Tanah Papua Cabang Kota Jayapura, Drs. H. Hadiyana, MM memberikan apresiasi kepada Tim Asesor dan pihak sekolah.

Hadiyana menekankan pentingnya akreditasi, bukan sekedar formalitas, namun akreditasi menunjukan mutu sebuah satuan pendidikan.

“Akreditasi bukan sekedar nilai dan formalitas belaka. Namun akreditasi benar-benar menunjukan mutu kelayakan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan program pendidikan” ujarnya.

Karena itu, Hadi berharap seluruh elemen sekolah dapat benar-benar mempersiapkan diri dan bekerjasama baik dengan tim BAN S/M.

“Kami harapkan, sekolah melalui proses ini dengan jujur dan profesional. Jangan sampai ada main mata. Jika kurang, katakan kurang. Demikian kepada Tim asesor, Mohon dapat memberikan arahan dan pembinaan. Bapak/Ibu Guru juga dapat memanfaatkan moment ini, untuk memperdalam pengetahuan dengan berdiskusi bersama tim asesor” sarannya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, 22 & 23 Mei 2023. Semoga sekolah ini dapat mempertahankan nilai akreditasi yang telah diperolehnya. *

(TAM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *