BERITASD/MI

BERTEKAD TERAPKAN KURIKULUM MERDEKA SECARA PENUH, SD HIKMAH 2 YAPIS GELAR IHT

Ketua YAPIS di Tanah Papua Cabang Kota Jayapura, Drs. H. Hadiyana, MM, didampingi Kepala SD Hikmah 2 YAPIS Dok V: Wahyu Purnamaningsih, S.Pd; Tim Narasumber Guuru Penggerak YAPIS: Sri Lestari, S.Pd (GP SMP Nurul Huda YAPIS Jayapura) dan Rosidah Atmandani, SE (GP SMP Pembangunan 5 YAPIS Waena) berfoto bersama seluruh peserta IHT Penerapan Kurikulum Merdeka SD Hikmah 2 YAPIS Dok V.

Dok V, (22/6) – Guna mewujudkan penerapan kurikulum merdeka secara benar, SD Hikmah 2 YAPIS Dok V menggelar In House Training (IHT) Penerapan Kurikulum Merdeka selama tiga yang dibuka pada Kamis (22/6) hingga Sabtu (24/6).

Kegiatan yang berlangsung di ruang kelas SD yang beralamat di Kompleks YAPIS, Jl. DR. Sam Ratulangi, Dok V Atas, Kota Jayapura tersebut dibuka dengan pemukulan rebana oleh Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) di Tanah Papua Cabang Kota Jayapura, Drs. H. Hadiyana, MM.

Selain ketua YAPIS, hadir dalam kegiatan pembukaan ini adalah Kepala SD Hikmah 2 YAPIS Dok V, Wahyu Purnamaningsih, S.Pd; Tim Narasumber Guru Penggerak YAPIS, Sri Lestari, S.Pd (Guru Penggerak SMP Nurul Huda YAPIS Jayapura) dan Rosidah Atmandani, SE (Guru Penggerak SMP Pembangunan 5 YAPIS Waena); beserta seluruh guru SD Hikmah 2 YAPIS Dok V sebagai peserta.

Ketua YAPIS di Tanah Papua Cabang Kota Jayapura, bersama kepala SD Hikmah 2 YAPIS Dok V bersama narasumber dari guru penggerak YAPIS saat pembukaan kegiatan IHT Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Hikmah 2 YAPIS Dok V

Dalam laporannya, Kepala SD Hikmah 2 YAPIS Dok V, Wahyu Purnamaningsih, S.Pd menuturkan, maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan.

“SD Hikmah 2 YAPIS ini ingin sekali dapat memberikan peningkatan kepada para gurunya dalam segal hal. Karena itu, kami sangat menyambut informasi bahwa YAPIS Cabang mengadakan IHT. Karena melalui IHT ini, guru akan mendapat penyegaran dan informasi baru guna menyambut tahun ajaran baru 2023/2024” ujarnya.

Lebih jauh, Wahyu Purnamaningsih menyatakan, bahwa penyegaran dan informasi baru tersebut sangat penting. Karena dirinya yakin, bahwa metode yang lama sudah banyak yang tidak relevan untuk diterapkan pada era sekarang.

SD Hikmah 2 YAPIS Dok V sendiri telah memiliki dua orang lulusan program Guru Binar, yang telah mengikuti pendidikan selama 6 bulan.

“Perlu kami sampaikan, bahwa guna menghadapi tahun ajaran baru nanti, kami telah memiliki dua orang guru binar dan sudah melakukan pengimbasan kepada guru lainnya disekolah. Guru binar ini mengikuti pendidikan selama enam bulan dan kemarin secara offline di Graha PGRI, Kotaraja. Kami juga merupakan sekolah yang telah melakukan pengimbasan guru binar di Kota Jayapura” tutrnya.

Kepala SD Hikmah 2 YAPIS Dok V, Wahyu Purnamaningsih, S.Pd memberikan sambutan.

Selain itu, Ning menuturkan kegiatan ini dilaksanakan dengan sokongan dana dari YAPIS Cabang Kota Jayapura. Dirinya juga menyampaikan, kegiatan dilaksanakan di sekolah dan melibatkan seluruh guru, baik guru kelas maupun guru mata pelajaran.

“Sebanyak 28 guru akan mengikuti kegiatan ini. Namun hari ini beberapa berhalangan. Semoga besok bisa hadir 100%” ungkapnya.

Dengan penuh antusias dan ceria, peserta kegiatan IHT mengikuti Ice Breaking yang dipimpin langsung oleh sang nakhoda, Kepala Sekolah.

Ning berharap, mekanisme kegiatan yang melibatkan tim narasumber yang dibentuk dari Guru Penggerak YAPIS Kota Jayapura ini, akan mampu memberikan informasi yang lebih baik. Hal ini, karena menurutnya, selama ini kegiatan yang pernah mereka ikuti, lebih banyak teori dan penjelasan peraturan-peraturan.

“Selama ini kita ikuti kegiatan pelatihan itu lebih banyak teori dan peraturan. Semoga kegiatan ini, karena narasumber adalah para guru penggerak yang juga menghadapi siswa dan mengajar disekolah, kita akan mendapatkan lebih banyak praktik sehingga pada akhirnya kita akan memiliki perangkat yang lengkap dari CP hingga modul” lanjutnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua YAPIS di Tanah Papua Cabang Kota Jayapura, Drs. H. Hadiyana, MM, berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan serius oleh para guru. Dirinya berharap, selesai kegiatan, sekolah dan para guru benar-benar memiliki perangkat pembelajaran kurikulum merdeka secara fisik.

“Kami akui, selama ini kegiatan yang banyak dilaksanakan lebih banyak teori dan regulasi. Hal itu wajar, karena selama ini narasumber kita adalah orang-orang instansi yang banyak bukan guru, bukan background guru. Sehingga pengaplikasian teori juga sedikit berat. Oleh karena itu, Cabang telah mengumpulkan para guru penggerak di lingkungan YAPIS Cabang Kota Jayapura, menjadi satu tim yang akan melakukan pembelajaran di sekolah-sekolah. Tim ini nanti akan lebih banyak praktik daripada teori” ujarnya.

Hadiyana juga menyampaikan bangga dan rasa terimakasih kepada SD Hikmah 2 YAPIS Dok V. Karena sekolah ini menjadi sekolah pertama di YAPIS Kota Jayapura yang melaksanakan IHT di tahun ini.

Lebih jauh, laki-laki kelahiran 17 Agustus ini menegaskan komitmen yang telah ditetapkan oleh YAPIS. Menurutnya YAPIS selalu berusaha menghadirkan inovasi-inovasi yang sesuai kebutuhan sekolah dan tantangan zaman.

“Kita itu harus selalu ada progress dan peningkatan. Karena itu, kegiatan seperti IHT ini akan terus dilaksanakan sehingga ada penyegaran dan penguatan pengatahuan kepada guru. Yayasan juga berupaya menghadirkan inovasi teknologi yang akan dapat mempermudah pengelolaan pembalajaran sekaligus menjadi penghubung antara sekolah dan rumah. Sehingga orang tua dapat selalu memantau perkembangan anaknya dan sekaligus berkomunikasi, berdiskusi terkait perkembangan anak. Inilah tujuan Digitalisasi yang akan kita laksanakan di Cabang” ungkapnya.

SD Hikmah 2 YAPIS Dok V, merupakan salah satu UPT YAPIS di Tanah Papua, Cabang Kota Jayapura yang tidak miskin dengan prestasi. Terutama prestasi di bidang keagamaan. Karena itu, jangan ragu jadikan SD Hikmah 2 YAPIS sebagai salah satu pilihan pendidikan anak.

YAPIS di Tanah Papua Cabang Kota Jayapura, bersama 20 UPT (Sekolah) yang tersebar dari Waena, Abepura, Kotaraja, Kota Jayapura, Dok V hingga Koya ini senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan pendidikan berkualitas dalam rangka menyiapkan genarasi beriman, berilmu dan berakhlakul karimah. *

(TAM)

Tim Narasumber Guru Penggerak YAPIS memberikan materi pengantar. Pemberian materi pada kegiatan ini akan lebih fokus pada materi praktis dibanding teori dan reguasi.
Seluruh guru di SD Hikmah 2 YAPIS Dok V akan terlibat sebagai peserta dalam kegiatan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *