BERITASD/MI

LITERASI, NUMERASI DAN KARAKTER MERUPAKAN MODAL DASAR ANAK DI MASA DEPAN

Jayapura, (11/6) – Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) di Tanah papua Cabang Kota Jayapura melalui 20 Unit Pelaksana Teknis (UPT/Sekolah) yang dimiliki siap membina literasi, numerasi dan karakter anak. Hal ini karena diakui bahwa literasi (kemampuan baca tulis, “litera-tulisan”), numerasi (kemampuan terkait angka dan bilangan “numerik-bilangan”) serta karakter merupakan modal dasar untuk menghadapi kehidupan.

Hal ini diungkap Wakil Sekretaris I YAPIS di Tanah Papua Cabang Kota Jayapura, Muh. Qomarudin, S.IP., S.Pd., M.Pd, kala memberikan sambutan dalam acara Pelepasan dan Perpisahan Siswa-Siswi kelas VI SD Hikmah 2 YAPIS Jayapura di Jayapura pada Ahad (11/6). Dalam kegiatan yang mengambil tema “Mewujudkan Generasi Berakhlak Mulia, Cerdas, dan Mandiri” ini dihadiri juga oleh Pengaawas Pembina Gugus II, Yati, S.Pd; Kepala-kepala Sekolah di Lingkungan YAPIS Dok V antara lain TK Hikmah YAPIS Jayapura, SD Hikmah 1 YAPIS Jayapura, SMA Hikmah Jayapura dan SMK Hikmah Jayapura.

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Qomarudin yang juga merupakan Koordinator Pengawas Sekolah Kota Jayapura ini menyampaikan salam dan apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Abdul Madjid, S.Pd., M.M. Pd. Menurut Komar, Dinas Pendidikan sangat bangga atas segala prestasi yang telah diraih oleh sekolah. Namun demikian, dirinya berharap sekolah tidak berpuas diri dan berhenti sampai disini. Dirinya berharap sekolah terus memotivasi diri untuk meningkatkan prestasi yang telah diraih.

“Kami berharap, kita tidak berpuas diri sampai disini. Teruslah semangat, meningkatkan prestasi anak-anak kita” ujarnya.

Lebih jauh, lelaki yang juga merupakan Fasilitator Sekolah Penggerak, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Kota Jayapura ini juga mengaskan bahwa perhatian pemerintah kepada pendidikan. Menurutnya, saat ini, Pemerintah Daerah, melalui Dinas Pendidikan telah memberikan perhatian yang tinggi dalam perkembangan pendidikan. Salah satunya adalah mendorong satuan pendidikan untuk mengikuti program prioritas kementerian.

“Terdapat lima program prioritas kementerian pendidikan yang senantiasa didukung penuh oleh dinas. Yaitu: Peningkatan literasi, numerasi, pengembangan karakter, fokus pada penciptaan iklim kemanan sekolah serta fokus padapeningkatan iklim kebhinekaan di sekolah” ungkapnya.

Lima hal tersebut juga merupakan fokus Pemda Kota Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain itu, dirinya juga menuturkan bahwa YAPIS senantiasa mendukung program pemerintah dan akan mendorong seluruh sekolah YAPIS untuk aktif dalam program-program pemerintah tersebut.

“YAPIS tidak akan tinggal diam. YAPIS akan terus mendorong sekolah, terlibat aktif dalam pelakasanaan program pemerintah” lanjutnya.

Qomarudin juga menuturkan, sebagai salah satu yayasan pelopor pendidikan di Tanah Papua, yang diakui oleh Undang-undang Otonomi Khusus (Otsus), YAPIS akan terus berinovasi, memberikan warna pada pendidikan di Tanah Papua.

“YAPIS ini sebagai salah satu pelopor pendidikan di Tanah Papua, telah berusia 54 tahun mengabdi di Tanah Papua. Karena itu, YAPIS harus mampu tampil beda dengan keunggulan-keunggulan yang lebih dari sekolah lain” paparnya.

Karena itulah, diakui Qomarudin, bahwa pihaknya akan mengeluarkan program baru di tahun ajaran baru nanti. Yaitu program sekolah – plus.

“Sekolah Plus atau sekolah unggul ini, nantinya harus memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh sekolah lain. Yang kita tawarkan nantinya adalah tahfiz quran dan digitalisasi sekolah” ungkapnya.

Melalui program tahfiz quran, menurutnya, akan fokus pada pengembangan karakter Islam sebagai ciri-khas YAPIS. Pihaknya berharap, melalui program ini, setiap tahun peserta didik akan mampu menghafalkan dan mengamalkan Al Quran sebagai tuntunan hidup umat islam, sesuai jenjang dan usia anak.

“Program ini akan berlanjut. Dari TK ke SD/MI, SMP, SMA dan SMK. Lulusan TK diharapkan menghafal surah-surah pendek. SD hafal dua atau tiga juz, seperti juz 29 dan 30. SMP meningkat lagi dan meningkat lagi di jenjang lebih tinggi. Karena itu, mohon anak-anak kita setelah lulus tidak dikemana-manakan. Lulus SD segera daftar di SMP YAPIS” urainya.

Qomarudin melanjutkan, YAPIS telah memiliki 20 UPT yang terdiri dari 4 jenjang PAUD (TK/RA), 9 SD/MI, 4 SMP, 2 SMA dan 1 SMK. Bahkan dirinya mengatakan, SMP YAPIS merupakan SMP-SMP unggul di Kota Jayapura. Beragam prestasi telah mereka ukir masing-masing. Karena itu, dirinya berharap, orang tua tidak ragu untuk menjadikan sekolah YAPIS sebagai pilihan pendidikan anak.

“SMP di YAPIS ini bukan kaleng-kaleng. Ada SMP Hikmah di Dok V, SMP Nurul Huda di Kota, SMP Al-Ihsan di Kotaraja dan SMP Pembangunan V di Waena. Semuanya adalah SMP unggul di Kota Jayapura. Bahkan beberapa sudah menjadi sekolah penggerak. Jadi SMP YAPIS tidak kalah dengan SMP di Jawa sana apalagi di Kota Jayapura ini” ungkapnya dengan sumringah yang disambut riuh tepuk tangan hadirin.

“Jadi, jangan khawatir, untuk mempercayakan anak Bapak/Ibu kepada YAPIS. Di YAPIS, insya Allah anak bapak/Ibu akan memiliki literasi yang bagus, numerasi yang handal, serta karakter yang mantap. Karena tiga hal ini menjadi modal dasar untuk bisa bertahan, bersaing dalam kehidupannya di masa depan” pungkasnya.

PERPISAHAN, MOMENT PENTING DAN BERSEJARAH BAGI ANAK

Sementara itu, Kepala SD Hikmah 2 YAPIS Jayapura, Wahyu Purnamaningsih, S.Pd menyempaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah hadir. Dirinya menuturkan, kehadiran para orang tua dalam moment ini merupakan salah satu wujud dukungan dan motivasi kepada anak-anak untuk terus memberikan prestasi terbaik mereka.

“Saya selaku kepala sekolah merasa bahagia dan bangga, karena anak-anak SD Hikmah 2 lulus sebanyak 88 orang, yaitu 100% dengan nilai yang memuaskan” ujarnya.

Karena itu, dirinya menyampaikan terimakasih kepada dewan guru dan para orang tua siswa. Menurutnya, prestasi ini diraih berkat kerja keras dewan guru yang telah membimbing, mendidik dan mengajar tanpa pamrih. Serta didukung oleh para orang tua yang telah menjaga hubungan dan mendukung program-program sekolah.

“Karena dukungan Ayah – Bunda merupakan salah satu instrumen untuk membentuk karakter dan kemampuan putra-putrinya” ungkapnya.

Dirinya mengakui, mustahil berhasil apabila tidak ada kerjasama yang baik antara sekolah dan rumah.

Lebih jauh, Ning menyampaikan harapan kepada para lulusan.

“Untuk anak-anakku, Ibu ucapkan selamat dan sukses menemuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Ibu berharap, teruslah bersemangat menggapai cita-citamu dengan belajar sungguh-sungguh dan tidak kenal putus asa” urainya.

Selanjutnya, Kepala SD Hikmah 1 Waena berpesan agar semua pihak tetap menjaga harmonisasi silaturahmi.

“Saya berharap silaturahmi tidak terputus disini. Kepada anak-anakku, Ibu Guru berpesan tetaplah menyapa Bapak/Ibu Guru apabila bertemu. Bisa anak-anakku?” tanyanya yang dijawab serentak “bisa” oleh seluruh peserta didik.

Dirinya menuturkan, kegiatan perpisahan tahun ajaran 2022/2023 ini merupakan murni inisiatif dari para orang tua. Tidak ada intervensi dari pihak sekolah. Karena itu, pihaknya menyamapaikan terimakasih kepada orang tua dan panitia yang menyiapkan kegiatan perpisahan secara megah. Dirinya menekankan, hal ini murni keputusan orang tua melalui rapat komite. Tidak paksaan apapun dari sekolah.

Lebih jauh, Ning menyampaikan bahwa SD Hikmah 2 YAPIS Jayapura merupakan salah satu SD yang bergelimang prestasi. Beragam prestasi yang diraih diantaranya:

  1. Juara 1 dan 2 Tilawah Putra dan Putri,
  2. Peserta STQ tingkat Nasional,
  3. Juara lomba pildacil (Pilihan Dai Cilik),
  4. Juara paduan suara tingkat SD, dan
  5. Juara lomba pidato pelajar Pancasila.

Dengan beragam prestasi tersebut, maka SD Hikmah 2 YAPIS Jayapura merupakan salah satu pilihan tepat pendidikan anak. Karena SD yang beralamat di Jl. Dr. Sam Ratulangi, Dok V Atas ini, siap memberikan pendidikan umum dan pendidikan agama sebagai bekal masa depan anak, sebagaimana tema yang dipilih “Mewujudkan Generasi Berakhlak Mulia, Cerdas, dan Mandiri”.

SD Hikmah 2 YAPIS Jayapura juga didukung oleh tenaga pendidik dan kependidikan yang kualified dan sangat berkompeten. Kemampuan para guru tersebut, di buktikan dengan kemampuan anak didik dalam berbagai tampilan seperti: pembacaan saritilawah, tarian, dakwah, pidato dalam tiga bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia) serta berbagai tampilan lainnya. *

(TAM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *