BERITA

PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH DI LINGKUNGAN YAPIS CABANG KOTA JAYAPURA

Ketua YAPIS Cabang Kota Jayapura, Dr. H. Hadiyana, MM mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura yang diwakili Sekretaris Dinas, Abdul Majid, M.Pd

Dalam arahannya, Ketua Yapis Cabang Kota Jayapura, Drs. H. Hadiyana, MM menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kepala Sekolah-kepala sekolah yang telah memberikan pengabdiannya di Yapis Cabang Kotaraja. “Terimakasih kepada Bapak/Ibu kepala Sekolah yang menyelesaikan amanahnya, karena dari beliau-beliau inilah sekolah-sekolah Yapis bisa manju dan berkembang” ujarnya.

Hadiyana menuturkan bahwa pergantian itu adalah biasa. Menurutnya, reorganisasi adalah sebuah keharusan.

Dirinya mengingatkan kepada Kepala Sekolah yang baru dilantik agar berhati-hati dan istiqomah. “Kepala Sekolah adalah public figure. Apapun yang dilakukan pasti menjadi contoh dan perhatian. Kalau kita lurus dan istiqomah, insya Allah akan aman-aman saja. Namun sedikit saja kekeliruan akan merusak segala kebaikan dan bahkan nama baik sekolah dan yayasan” ungkap Hadi.

“Oleh karena itu, kami harapkan, lanjutkan program dari Kepala sekolah yang lama. Yang perlu ditingkatkan, tingkatkan. Yang sudah baik, pertahankan. Jangan sampai nanti malah menurun” lanjutnya.

Terkait program selanjutnya, Hadiyana memaparkan keinginan YAPIS Cabang Kota Jayapura untuk membuat sekolah plus. “Ini adalah tantangan bagi para kepala sekolah baru. Insya Allah bulan depan, kami akan melaksanakan study tiru dan dari kegiatan itu nantinya akan dikomparasi semua, dari SD, SMP hingga SMA untuk mengejawantahkan cita-cita tersebut” ujarnya.

Dalam kegiatan pengukuhan kepala sekolah ini, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Abdul Madjid, M.Pd, dan Kepala Bidang Pembinaan SMP, Musa Kambu, S.Pd. Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Debora B. Rumbino, S.Hut, MM, Madjid menyatakan apresiasi dan terimakasihnya karena Yapis Cabang Kota Jayapura telah memperhatikan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam pemilihan kepala sekolah.

“Kami berterimakasih kepada YAPIS Kota Jayapura yang memperhatikan kebijakan Kementerian dalam pemilihan kepala sekolah, yaitu mendorong guru penggerak menjadi kepala sekolah” ungkapnya.

Hal ini diungkapkan Madjid karena terdapat satu orang guru penggerak yang terpilih sebagai Kepala Sekolah.

“Yapis ini memiliki SDM yang sangat bagus. Ada yang menjadi Fasilitator Sekolah Penggerak, Pengajar Praktik (lulusan sekolah penggerak), Guru Penggerak dan Calon Guru Penggerak angkatan 6 dan 7” ujarnya.

Lebih jauh, Sekdis menyampaikan bahwa kebijakan kepala sekolah dari unsur guru penggerak telah ada sejak lama. “Sekarang kebijakannya telah ada, yaitu Permendikbud no. 40 tahun 2021 dan Edaran Ditjen GTK no. 0378/B.B1/GT.00.05/2022 tentang Panduan Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah” ujarnya.

Lebih jauh, dirinya juga menyampaikan bahwa berdasar Permendikbud no. 26 tahun 2022, sertifikat guru penggerak juga menjadi pertimbangan untuk pemenuhan syarat pengawas sekolah atau penugasan lain di bidang pendidikan.

“Program Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak adalah prioritas dari Kementerian. Dan Terimakasih kepada YAPIS sebagai salah satu mitra strategis Pemerintah dalam peningkatan Mutu Sumber daya Manusia di Kota Jayapura, telah mendukung Pemerintah Kota Jayapura untuk menyukseskan program pemerintah di bidang pendidikan dengan mendorong banyak guru mengikuti program tersebut” ujarnya.

Sambutan Kepala Dinas ini ditutup dengan pantun:

“Buah duku, buah tomat

Mobil avanza, mobil Pak Camat

Kepada Bapak/Ibu yang terhormat

Semoga Allah memberikan Rahmat”*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *